Sunday, June 29, 2014

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Janin pada Kehamilan 5 Bulan ?

Kehamilan adalah salah satu hal yang ditunggu oleh pasangan suami istri yang menginginkan memiliki buah hati. Periode mengandung memiliki beberapa tahapan dari saat pembuahan hingga bayi dilahirkan. Menjaga kesehatan anda dan janin perlu diperhatikan agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Janin usia 5 bulan memiliki ukuran sekitar 20 cm atau 8 inci. Selain itu janin telah memiliki berat 200 gr. Pertumbuhan pada janin pada usia 5 bulan semakin cepat. Pertambahan berat dan tinggi janin juga dibarengi dengan perkembangan alat indera serta syaraf-syaraf pada janin anda.

Pada usia kehamilan 5 bulan, janin telah memiliki alat indra yang mulai sensitif dan aktif. Kulit juga memiliki syaraf yang peka terhadap rangsang. Janin pada usia kehamilan 5 bulan juga telah dapat merespon beberapa suara yang didengarnya. Mata janin tersebut juga sudah mulai berkembang bersamaan dengan organ dalam dan inderanya. Baca juga : Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Cara Menjaga Kesehatan Janin pada Kehamilan 5 Bulan ?
Ilustrasi Ibu hamil 5 bulan

Usia kehamilan 5 bulan juga mempengaruhi ibu hamil. Anda tidak lagi merasakan pusing pada kepala. Tetapi anda tetap akan merasakan tidak nyamannya pada jantung terlebih lagi jika anda saat makan. Anda juga merasakan sakit pada kandung kemih. Jika sakit tersebut terus terulang, anda sebaiknya mengonsultasikan kepada dokter kandungan.

Anda juga semakin merasakan gerakan dari janin. Stretch Mark juga sudah mulai bermunculan pada perut anda karena semakin membesar. Terkadang anda juga mengeluarkan sedikit cairan susu yang sedang dalam proses pematangan sebelum bayi lahir. Baca juga : Tips Kehamilan pada Trimester Pertama

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Janin pada Kehamilan 5 Bulan ?


Anda perlu menjaga kesehatan pada janin anda agar janin dapat tumbuh dengan sehat. Anda dapat melakukan checkup secara teratur pada dokter yang sudah anda percayakan. Anda perlu melakukan hal tersebut agar mengetahui apakah bayi tersebut normal atau terjadi kelainan yang menimpa janin sehingga anda bisa mendapatkan informasi cara mengatasi hal tersebut dari dokter anda.
Baca juga : Beberapa Pilihan dan Alternatif Obat Demam Untuk Ibu Hamil

Konsumsilah makanan yang mengandung banyak gizi. Gizi yang kompleks membantu pertumbuhan dan perkembangan janin pada usia kehamilan 5 bulan dan selanjutnya. Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein, zat besi, vitamin, dan mineral yang tinggi.

Mengapa Ibu Hamil Bahagia saat Janin Berumur 5 Bulan ?

Pada saat kehamilan usia 5 bulan, anda akan terbebas dari MorningSickness. Morningsickness adalah rasa mual pada awal kehamilan yang terjadi saat anda mencium bau yang tidak anda sukai. Anda juga akan merasakan tendangan pertama dari janin anda. Tendangan tersebut tidak akan membuat anda sakit, tetapi akan membuat anda senang.

Video Perkembangan Janin 5 Bulan

Perkembangan Janin 5 bulan (20 weeks) #BabyG (USG Bayi) | fetus development stagesSumber : https://www.youtube.com/watch?v=3z933bHaDEE

Anda juga sudah dapat bepergian bersama karena janin telah dinilai kuat dan lebih terhindar dari keguguran. Tetapi jangan sampai anda terlalu kelelahan karena berbahaya bagi anda dan calon buah hati. Scan ultrasound akan menjadi istimewa karena dapat melihat adakah anomali pada kehamilan anda. Selain itu anda bisa mendapatkan foto janin secara candid.
Anda tetap perlu menjaga kesehatan bagi calon buah hati agar pertumbuhan buah hati maksimal dan sesuai dengan yang anda harapkan. Jangan lupa untuk selalu mengecek ke dokter kandungan secara rutin. Baca juga : Apa Saja Pantangan Ibu Hamil? Ini Dia!

No comments:

Post a Comment