Monday, June 9, 2014

Manfaat Minum Teh Hijau untuk Kesehatan

Teh hijau telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun, yang berasal dari Cina, tetapi banyak juga digunakan di seluruh Asia. Minuman ini memiliki banyak kegunaan mulai dari menurunkan tekanan darah untuk mencegah kanker. Alasan bahwa teh hijau memiliki manfaat kesehatan yang lebih melekat padanya daripada teh hitam adalah karena prosesnya.

Teh hitam diproses dengan cara yang memungkinkan untuk fermentasi sedangkan pengolahan teh hijau menghindari proses fermentasi. Akibatnya, teh hijau mempertahankan jumlah maksimum antioksidan dan polifenol yang memberikan teh hijau banyak manfaatnya.

Berikut adalah daftar dari beberapa manfaat dari minum teh hijau untuk kesehatan, ada beberapa manfaat yang Anda mungkin tidak sadari. Silahkan disimak baik-baik.

Manfaat Minum Teh Hijau untuk Kesehatan
Manfaat Teh Hijau

1. Menurunkan Berat Badan

 Teh hijau meningkatkan metabolisme. Polifenol yang ada dalam teh hijau bekerja untuk mengintensifkan tingkat oksidasi lemak di mana tubuh Anda mengubah makanan menjadi kalori.

Teh hijau juga dapat berfungsi mengatur kadar glukosa dan memperlambat kenaikan gula darah setelah makan. Hal ini dapat mencegah lonjakan insulin yang tinggi yang mengakibatkan penyimpanan lemak.

3. Mencegah Penyakit Jantung

 Para ilmuwan berpikir, teh hijau bekerja di dalam saluran pembuluh darah, membantu menjaga mereka tetap santai dan lebih mampu menahan perubahan tekanan darah. Hal ini juga dapat melindungi terhadap pembentukan gumpalan darah, yang merupakan penyebab utama serangan jantung.

4. Mencegah Kanker

Hal ini dapat mengurangi risiko terserang kanker, tetapi juga banyak berpikir untuk membunuh sel kanker secara umum tanpa merusak jaringan sehat di sekitar mereka.
Polyphenol yang terdapat dalam teh hijau merupakan antioksidan paling potensial. Di mana dia mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel kanker dalam darah. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang minum teh hijau secara berkala bisa mengurangi risiko kanker payudara, perut, usus, maupun kanker prostat. Baca juga : Kenali Tips dan Cara Mencegah Kanker Sejak Dini

5. Membuang Kolesterol Jahat

Teh hijau mampu mengurangi kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan rasio kolesterol baik yang ada dalam tubuh anda.

6. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Konsumsilah secara rutin teh hijau karena dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Manfaat Minum Teh Hijau untuk Kesehatan
Manfaat minum teh hijau

7. Mencegah Depresi

Theanine adalah asam amino alami yang ditemukan dalam daun teh. Ini adalah zat yang diperkirakan memberikan efek santai dan penenang dan menjadi manfaat besar bagi peminum teh.

8. Sebagai Anti-virus dan anti bakteri

 Katekin teh adalah agen antibakteri dan antivirus yang kuat yang membuat mereka efektif untuk mengobati segala sesuatu dari influenza hingga kanker. Dalam beberapa penelitian teh hijau telah terbukti dapat menghambat penyebaran berbagai penyakit.

9. Menghindari Penuaan Dini

Teh hijau ternyata juga dapat membantu dengan kerutan dan tanda-tanda penuaan, ini adalah karena antioksidan dan aktivitas anti-inflamasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau yang dioleskan kekulit anda dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari.

10. Menjaga daya ingat

Teh hijau ternyata bisa menjaga penurunan fungsi otak. Mereka yang minum dua gelas sehari terhindar dari masalah kognitif dibanding mereka yang jarang meminumnya. Teh ini mengandung antioksidan tinggi yang bisa melawan radikal bebas yang menyerang otak, penyebab penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Itulah beberapa manfaat minum teh hijau untuk kesehatan, semoga bermanfaat  ya buat teman-teman sekalian.

No comments:

Post a Comment