Saturday, January 10, 2015

Senam Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Saat masa kehamilan para wanita harus menjaga kesehatan mereka sebaik mungkin agar perkembangan janinnya baik. Setiap Ibu hamil harus memperhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsinya. Konsumsilah makanan dan minuman  yang dapat membuat ibu dan janinnya sehat. Selama kehamilannya, para wanita akan mengalami perubahan fisik dan mental, maka dari itu mereka dapat melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh serta untuk mempersiapkan persalinannya.

Salah satu olahraga untuk ibu hamil  yang dapat dilakukan adalah senam. Namun senam yang dilakukan bukanlah seperti aerobik yang begitu energik.  Senam ibu hamil merupakan terapi melalui gerakan khusus ibu hamil untuk mempersiapkan persalinan yang lancar dan sebagai pengendalian emosional.

Senam Yang Baik Untuk Ibu Hamil
Ilustrasi Senam Ibu Hamil

Apakah aman ibu hamil melakukan senam ?

Sebelum memutuskan untuk melakukan senam khusus ibu hamil, sebaiknya para ibu berkonsultasi kepada dokter kandungan agar diketahui apakah kondisi kehamilan tersebut berisiko atau tidak. Senam ibu hamil ini aman dilakukan bagi kehamilan yang tidak berisiko. Gerakan senam ibu hamil ini tidak begitu energik bahkan senam tersebut tidak mengeluarkan keringat yang banyak tetapi berkhasiat untuk mengendurkan otot-otot serta melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih rileks.
Baca juga : Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Janin pada Kehamilan 5 Bulan ?

Bagaimana cara melakukan senam ibu hamil ?

Para ibu hamil dapat melakukan senam ini dirumah namun untuk tahap awal harus didampingi oleh tenaga ahli. Hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Persiapkan matras atau yang dapat dijadikan alas untuk melakukan senam.
  2. Duduklah di atas alas tersebut dengan posisi besila lalu punggung ditegakkan dan tangan diletakkan pada kaki seperti sedang meditasi.
  3. Mulai mengatur pernapasan dengan cara menarik dan menghembuskan nafas secara perlahan melalui hidung dan lakukanlah gerakan ini selama 5 menit.
  4. Luruskan kaki kedepan, condongkan tubuh ke belakang lalu kedua tangan akan menjadi tumpuan di belakang. Gerakan senam yang baik untuk ibu hamil, salah satunya dengan mengangkat kedua kaki ke atas lalu turunkan ke bawah setelah itu anda dapat menggerakkannya ke arah samping kanan dan kiri dengan posisi kaki tetap lurus dan lakukan berulang-ulang dalam waktu beberapa menit.
  5. Gerakan selanjutnya adalah dengan mengubah posisi dengan seperti merangkak dengan posisi kepala, punggung dan pantat dalam keadaan sejajar. Lakukan senam dengan menurunkan kepala sampai anda bisa melihat perut dan tahan dengan gerakan tersebut dalam waktu beberapa menit dan kembali pada posisi sebelum dan ulangi gerakan ini secara pelan.
  6. Senam ibu hamil ini sangatlah santai dan mudah dilakukan dan gerakan selanjutnya adalah dengan mengubah posisi dengan membaringkan tubuh dalam keadaan miring ke kiri atau kanan dan letakan bantal dibawah perut dan kepala. Luruskan tangan ke depan dan kaki dalam keadaan lurus selanjutnya pindahkan gerakan tangan kaki dan tangan dengan menekuknya ke arah perut secara bersamaan dan tahan dengan gerakan ini dalam waktu beberapa menit dan kembali posisi semula. 
Senam ibu hamil sangat bermanfaat bagi ibu yang menginginkan persalinan yang lancar. Semoga tips untuk ibu hamil ini dapat bermanfaat ya... Semoga buah hati lahir dengan selamat dan ibu juga selamat. Baca juga : Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

No comments:

Post a Comment