Thursday, July 3, 2014

Makanan Sehat Selama Berpuasa

Makan makanan sehat wajib kita konsumsi selama bulan puasa. Karena selama perpuasa tubuh kita tetap beraktivitas, dan tentu saja kita tidak ingin tubuh kita melemah hanya karena kita salah mengkonsumsi makanan selama berpuasa. Dari itu makan makanan sehat selama berpuasa sangat di anjurkan. Selain membantu anda menghilangkan resiko gangguan kesehatan, makanan sehat ini juga sangat enak untuk dinikmati apalagi di bulan puasa ini. Lalu makanan - makanan sehat apa saja yang di anjurkan untuk kita selama bulan puasa? Yok mari kita lihat sama-sama makanan sehat berikut ini :

Macam-Macam Makanan Sehat Selama Berpuasa

1. Kurma dan gula aren

Saat berbuka puasa tentu kita di anjurkan untuk memakan makanan yang manis terlebih dahulu. Hal ini di karenakan selama berpuasa tubuh kita kehilangan begitu banyak kalori. Kenapa kurma dan gula aren ? Ini di karenakan kurma dan gula aren meiliki kadar glukosa yang cukup tinggi tapi bukan merupakan karbonhidrat kompleks. Apalagi gula aren sangat bagus untuk penderita liver yang menjalankan ibadah puasa.

Makanan Sehat Selama Berpuasa
Buah kurma adalah salah menu andalan bulan puasa

2. Jagung

Gantilah sesekali menu buka puasa kita yang biasanya menggunakan nasi putih menjadi jagung. Jagung merupakan karbohidrat yang memiliki kadar glikemik rendah. Jadi sangat baik sekali untuk tubuh agar tidak terjadi kenaikan gula darah selama puasa. Jagung ini juga sangat di anjurkan untuk penderita diabetes dan jantung yang menjalankan ibadah puasa.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau wajib hukumnya di konsumsi selama menjalankan ibada puasa, karena di dalam sayauran hijau terdapat banyak mineral zinc yang di butuhkan untuk mengikat hemoglobin agar tidak terkena anemia.

4. Telur

Telur merupakan sumber protein hewani yang rendah lemak. Konsumsilah 2 - 3 telur selama bulan puasa agar asupan protein dalam tubuh tetap terjaga.

5. Buah-buahan

Buah-buahan sangat baik untuk tubuh kita. Tentunya kita sudah tau beberapa kandungan yang terdapat pada beberapa buah, seperti buah jeruk yang kaya akan vitamin C, dan masih banyak lagi.

6. Minum yang Banyak

Ini penting! Saat Anda berpuasa, tubuh kehilangan banyak cairan. Dampak dari kurangnya cairan selama siang hari akan berpengaruh pada kulit Anda. Karena itu, usahakan agar Anda meminum air mineral dalam asupan yang mencukupi pada saat sahur dan berbuka puasa. Selain tubuh lebih segar, kulit tetap kenyal dan tidak kering.

Itulah beberapa makanan sehat selama puasa yang dapat di jadikan aletrnatif pilihan sehat selama menjalankan ibadah puasa. Jangan lupa perbanyak air putih untuk mengimbangi semua asupan makanan kita. Selamat menjalankan ibadah puasa .
Baca juga makanan dan minuman yang harus dihindari selama bulan puasa

No comments:

Post a Comment